WordLinx - Get Paid To Click

Senin, 29 April 2013

Cara Mempercepat Loading Windows XP – Win 7 di Komputer / Laptop

Cara Mempercepat Loading Windows XP – Win 7 di Komputer Laptop

Speed Up My PC 
dotcomcell.com# Ingin mempercepat Komputer, Laptop atau Notebook kamu yang saat ini lemot atau lemah otak alias lambat kinerjanya, jangan kuatir, akan aku berikan tips-tips penting bagaimana cara mengatasi atau memperbaikinya. Tidak usah terlalu kuatir mengenai apa spesifikasi hardware PC, yang penting ikuti saja tips trik berikut, nantinya pasti akan terjadi perubahan yang signifikan pada perangkat komputer kamu, silahkan dibaca dan dipahami dengan baik.

Ide Dasar

Beberapa pertanyaan umum dan keluhan yang sering muncul dari rekan-rekan blogger akan kondisi komputer atau laptopnya, yang intinya mengalami penurunan performance :
- Windows XP atau Win7-ku kok lemot yo?
- Kompi-ku(komputer) sekarang kok tambah lambat, kok nggak bisa kayak dulu lagi ya…
- Apa ada komponen yang lemah atau aus?
- Lepi-ku (lappy-laptop) saat mau masuk windows, loadingnya lama banget!
- Dan banyak lagi keluhan yang sejenis…
 
Dan jangan heran kalau suatu ketika menemui sebuah unit komputer atau Laptop yang baru saja beli, kinerjanya tidak sesuai dengan Hardware yang ada, padahal sudah menggunakan prosesor sekelas Intel Core i3-i5-i7 atau AMD Phenom II X6, ini bisa saja terjadi. Pengetahuan atau jam terbang yang kurang akan Hardware dari operator atau Teknisi Installer-sebut saja si tukang install bisa menjadi salah satu penyebab masalah ini.

Penyebab Dan Cara Mengatasi Komputer Atau Laptop Yang Lemot

Sebelumnya, agar dapat melihat perubahan yang terjadi nantinya (secara logis dan bukan perasaan), gunakan software semacam PassMark PerformanceTest™ atau secara manual dengan klik Start >>  Control Panel >> klik dua kali pada Administrative Tools >> double klik Performance, itu untuk melakukan tes sebelum dan sesudah anda melakukan tips atau cara-cara berikut ini :
 Hardware yang sudah usang atau aus
  • Harddisk (biasanya di-indikasikan saat akan masuk GUI Windows-Desktop dan Windows Explorer, loading-nya lama sekali) >> Solusinya wajib ganti Harddisk.
  • Ada kalanya Memori 512Mb dual side setengah mati atau mati sebelah, menyebabkan cpu tidak stabil >> Solusinya ganti Memori.
  • Kipas Prosesor kotor karena debu, menyebabkan suhu Prosesor Naik, akhirnya kepanasan >> Lepas dan bersihkan Kipas atau Fan Prosessor beserta Heatsink-nya  (bersihkan dan ganti Pasta Heatsink Prosesor jika sudah kering).
  • Untuk PC-Desktop, jika perlu Reassembly atau rakit ulang-Overhaul, dengan membersihkan semua komponen, terutama Mainboard atau Motherboard-nya. Pastikan saat pemasangan kembali, semua perangkat dipasang dengan benar dan kabel data dan kabel power tidak kendor. Bagi newbie atau pemula sah-sah jika di foto dulu tata letak komponen dan pengkabelan-nya agar tidak salah bongkar pasang.
Software atau aplikasi pendukung yang terlalu banyak
  • Saat proses installasi aplikasi (contoh: Microsoft Office) tidak dipilih atau Customize fitur-fiturnya, anda langsung install begitu saja secara default atau Full Pack! >> Jika terlanjur, delete-remove komponen atau fitur yang nggak penting di Start-Control Panel-Add Remove Program-Change. Termasuk Program atau Software lain yang tidak diperlukan!
  • Saat anda konek atau terhubung Internet secara tidak sengaja memasuki situs web yang menyuguhkan Pop-up promosi untuk Instalasi sebuah software >> jika mengganggu, hapus atau uninstall seperti cara sebelumnya.
Mempercepat Loading Komputer atau Laptop Saat Booting
Beberapa langkah yang bisa dilakukan : Masuk BIOS Laptop atau PC (ini untuk yang agak Advanced)  >> beberapa opsi di Advanced BIOS Features, pilih First Boot Device menggunakan Harddisk-HDD,  matikan atau disable Full Screen LOGO Show. Matikan Floppy Drive jika sudah tidak digunakan dengan pilihan None di Standard CMOS Features atau Disable Floppy Drive Control di Integrated Peripheral. Kalo perlu dan jika digunakan banyak orang atau umum, matikan User Password dan Supervisor Password. Aktifkan fungsi fan prosesor akan perubahan suhu prosesor di PC Health Status dengan mengatur-nya di opsi Smart Fan Function agar suhu prosesor tidak overheat atau Stabil!…Jangan lupa simpan perubahan konfigurasinya dengan Save & Exit Setup.
Mempercepat Loading Windows XP-Windows7 Saat Booting
Dengan cara manual : Cara ini sederhana dan mudah serta gampang dilakukan, yakni klik Start > Run > ketikkan-tulis msconfig  > OK atau enter > System Configuration Utility > Startup > pada Startup Item, buang cawang program atau aplikasi yang tidak ingin diaktifkan saat Statup Windows. Matikan juga Aplikasi yang tidak terlalu penting di Menu-Tab Services (ini bagi mereka yang Advanced).
System Configuration Utility
Seperti Windows XP, untuk Windows 7 lakukan hal yang sama…dan jangan lupa ini yang terpenting, pada Menu-Tab BOOT.INI atau Boot pilih Advanced Options > Beri Centang atau cawang pada Number of Processors dan Maximum memory > Adjust-atur sesuai keinginan atau pilih nilai tertinggi-maksimal > OK > Apply > OK, akhiri dengan Restart Windows!
System Configuration Win7
Speed Up PC Menggunakan Software
Kamu bisa menggunakan software-software atau Tool seperti Norton Utilities, System Mechanic, Tweak UI , CCleaner atau sejenisnya untuk membantu mempercepat loading saat Booting dan kinerja OS Windows. Sebagai anjuran gunakan tool/software yang tidak terlalu besar kapasitas-nya saat terinstall, yang nantinya malah membebani kecepatan OS Windows itu sendiri. Atau kamu bisa gunakan Tool bawaan Windows seperti Disk Defragmenter ataupun Disk Cleanup untuk Maintenance menata file system dan membersihkan file-file yang tidak terpakai agar mendapatkan space disk yang lebih lega atau besar.

Tips Add On

  1. Ketidaktahuan kompatibilitas antara Aplikasi yang terpasang atau Software dengan Hardware Komputer yang ada, misalnya Adobe Photoshop CS3 di-install pada P4 memori 512MB serta Vga-nya Onboard lagi! Seharusnya lebih cocok menggunakan Adobe Photoshop versi 7 agar lebih ringan.
  2. Hati-hati dengan banyaknya software gratisan dan cheat Game yang keygen atau crack-nya telah terinfeksi atau disusupi virus sejenis Trojan, Worm, Spy dan semacamnya. Karena sering menyebabkan komputer crash, hang, kerusakan registry dan akhirnya lemot.
  3. Gunakan tidak lebih dari 2(dua) Anti Virus , seperti gabungan Avira Free Antivirus + SMADAV. Terlalu banyak menggunakan Antivirus, bikin lemot cpu karena terlalu banyak yang bekerja di balik layar alias Background!
  4. Jika dimungkinkan diperlukan penambahan Memory atau RAM untuk meringankan OS Windows akibat penggunaan resource yang besar dari Aplikasi-aplikasi yang dibuka.
  5. Kalau sistem sudah korup karena virus atau banyak registry error lebih baik di-Restore atau Install Ulang Windows-nya, sebagai solusi akhir.

Kesimpulan

Agar di peroleh kinerja PC yang baik, ternyata tidak hanya spesifikasi hardware saja yang diperhitungkan, manajemen dan jumlah Software juga merupakan elemen yang harus diperhatikan. Sebenarnya masih banyak cara mempercepat kinerja komputer atau memperbaiki performance PC-Laptop, tapi setidaknya dengan melakukan salah satu tips cara di atas berarti kamu sudah belajar merawat Komputer sendiri. Tidak lucu-lah kalau kamu adalah seorang operator apalagi Blogger yang aktif di Internet-Blogging, saat PC-Laptop kotor karena debu saja,…harus panggil teknisi!?

1 komentar:

  1. The Kingdom Of Gadget: Cara Mempercepat Loading Windows Xp – Win 7 Di Komputer / Laptop >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    The Kingdom Of Gadget: Cara Mempercepat Loading Windows Xp – Win 7 Di Komputer / Laptop >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    The Kingdom Of Gadget: Cara Mempercepat Loading Windows Xp – Win 7 Di Komputer / Laptop >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK

    BalasHapus